Jumat, 23 Januari 2015

Jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian Indonesia

maniekta - Jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian Indonesia. Apa kabar anda semua para sahabat, salam bertemu kembali. Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas tentang salah satu sisi fundamental bangsa kita yaitu pertanian Indonesia.

Jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian Indonesia
Banyak mungkin yang berujar dan berpendapat bahwa bertani khususnya di Indonesia adalah pekerjaan terakhir, maksudnya begitu dipandang sebelah mata bertani karena kebanyakan beranggapan jika petani tidak akan pernah kaya sehingga jikalau masih ada pekerjaan lainnya lebih baik daripada bertani. Mengapa saya berani menyimpulkan dan berujar hal tersebut? Sebagai salah satu daerah pertanian di Sumatera Utara, Berastagi daerah asal saya, para petani selalu di sepelekan, bahkan banyak orang tua kita yang melarang jika anak-anaknya memilih untuk bertani. Padahal mau tidak mau kita semua harus mengakui kalau negara kita khususnya daerah tempat tinggal saya, di sokong atau bisa disebut berbasiskan pertanian.

Dan oleh sebab itu saya merasa berterima kasih dan salut kepada Jokowarino.com, karena mau dan bersedia menjadi tempat ataupun wadah buat kita semua pencinta dan pelaku pertanian, perternakan, perikanan, maupun kehutanan. Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari situs yang satu ini, sebut saja ketika kita ingin memulai usaha pertanian, tutorial pertanian yang diberikan pastinya sangat berguna. Kita pastinya lebih faham dan percaya diri untuk mencoba bercocok tanam. Tips pertanian yang sangat kita butuhkan dan mungkin saja sulit kita dapatkan terutama jika kita bertempat tinggal di daerah yang jauh dari keramaian lebih mudah untuk diakses.

Kita tentunya membutuhkan pioneer-pioneer di daerah kita dalam mencoba hal-hal baru sehingga hasil-hasil pertanian tidak lagi monoton dan jauh dari monopoli para oknum-oknum yang menghisap darah para petani. Trik pertanian yang diberikan oleh Jokowarino.com pastinya sangat bermanfaat dan pantas untuk dilakukan sehingga kita bisa mengubah stigma yang terus melekat dan bahkan telah mengakar dalam budaya pertanian kita di daerah. Sebagai contoh, Berastagi adalah daerah yang sudah dikenal sebagai penghasil buah jeruk manis, dan dari waktu ke waktu hampir semua petani menyandarkan hidupnya dari buah yang satu ini sehingga begitu mudah dimonopoli. Bertani jeruk akhirnya diibaratkan seperti memelihara anak macan yang setiap waktu bisa menerkam kita, dan disebut lebih susah daripada memelihara anak bayi. Harga produksi yang jauh dari harga kebutuhan seperti pupuk, pestisida, herbisida dan yang lainnya.

Sehingga kesimpulan yang bisa kita ambil bahwa kita butuh orang-orang yang memperhatikan perkembangan pertanian, peternakan, perikanan, dan bahkan kehutanan seperti yang dilakukan oleh Jokowarino.com. Salut dan bangga buat situs yang satu ini, dan mari kita berharap dan berdoa kiranya dunia pertanian kita bisa terus berkembang dan menjadi primadona kita sehingga bangsa kita bisa lebih dikenal di seluruh dunia dengan produksi-produksi pertanian kita.

mau comment di blog maniekta? boleh kenapa tidak, tapi kalau boleh yang membangun dan memberi informasi yang berguna ya,..thanks